RSS

"Kakak, Aku Menyayangimu"



Apakah Anda seorang kakak? Bagaimana rasanya menjadi kakak? Menurut saya, terlahir sebagai kakak adalah sebuah keberuntungan. Betapa tidak, sejak kecil sang kakak akan diajarkan kemandirian. Seiring waktu ia dibentuk menjadi sosok yang bertanggung jawab dan bisa menjadi teladan bagi adiknya. Perasaan tak enak atau cemburu memang bisa muncul. Perhatian ibu agak berkurang padanya karena lebih tercurah pada sang adik. Akan tetapi, dari situlah sang kakak belajar untuk mengerti dan memahami. Ia akan terbiasa berbagi dan berempati dengan kondisi orang lain. Bahkan, suatu saat sang kakak pun bisa menjadi orang tua kedua sekaligus pelindung adiknya. Saya yakin, orang tua menaruh harapan besar pada sang kakak. Ibu dan ayah Anda pasti bangga memiliki anak yang bisa diandalkan. Mungkin, ibu Anda akan menangis terharu saat Anda membantunya mengasuh adik. Ayah Anda pun pasti memuji saat Anda berhasil menjaga adik.

Saya pernah membaca dan menonton kisah-kisah seorang kakak yang amat menyayangi adiknya. Terus terang karakter mereka begitu menginspirasi saya. Perjuangan dan pengorbanan mereka tiada bandingannya dengan saya. Saya belum bisa menjadi kakak yang didambakan. Saya masih belajar dari mereka untuk menjadi sosok kakak yang baik. Memang sih mereka hanya sosok fiktif belaka. Tapi, tak ada salahnya mencontoh karakter baik mereka.

Inilah sederet nama sang kakak yang melekat dalam ingatan saya.
*   Laisa (Bidadari-Bidadari Surga): Laisa adalah sosok kakak yang tegas dan penyayang. Ia telah berjuang keras dan berkorban mati-matian demi keempat adiknya, bahkan berhasil mengantarkan adik-adiknya ke gerbang kesuksesan. Untuk meraih hal itu ia telah mengorbankan kebahagiaan dan masa mudanya.
*   Azzam (Ketika Cinta bertasbih): Azzam adalah sosok kakak pekerja keras dan bertanggung jawab. Ia kuliah di Al-Azhar Mesir sekaligus berbisnis menjadi tukang tempe dan bakso di sana. Ia melakukannya demi membiayai kehidupan ibu dan ketiga adiknya di Indonesia, juga membiayai kuliahnya sendiri. Karena hal itu, ia rela menunda kelulusan kuliahnya hingga sembilan tahun.
*   Lintang (Laskar Pelangi): Lintang termasuk murid jenius dalam anggota Laskar Pelangi. Sejak ayahnya meninggal, ia menggantikan peran ayahnya untuk menafkahi dan menjaga adik-adiknya. Ia pun rela putus sekolah demi menjalankan amanah itu.
*   Xia Mo (Summer’s Desire): Xia Mo adalah sosok kakak penyayang dan perhatian. Ia rela meninggalkan tunangannya (Luo Xi) dan menikah dengan laki-laki lain (Ou Chen) demi menyelamatkan adiknya yang menderita gagal ginjal. Ou Chen memang amat mencintai Xia Mo, makanya ia berjanji akan menyumbangkan ginjalnya asalkan Xia Mo bersedia menikah dengannya.
*   Go Eun Song (Brilliant Legacy): Eun Song adalah sosok kakak yang baik hati. Meskipun mempunyai adik yang autis, ia tidak merasa minder, bahkan amat menyayangi dan melindungi adiknya. Setelah kedua orang tuanya meninggal dan perusahaannya ayahnya bangkrut, ia bekerja keras demi menghidupi adiknya.

Bagi seorang kakak, terutama bagi saya sendiri, kalimat "Kakak, aku menyayangimu" membuat hati amat bahagia. Saya selalu merindukan dan tak pernah bosan mendengar kalimat itu dari adik saya. Ah, semoga saya mampu menjadi kakak yang baik bagi adik-adik saya. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 SAHABAT HATI. All rights reserved.
Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
Bloggerized by Miss Dothy