RSS

Hubungan Timbal Balik Antara Sastrawan, Sastra, dan Masyarakat


Sastrawan, sastra, dan masyarakat mempunyai hubungan yang sangat erat. Sastrawan sebagai pencipta karya sastra merupakan bagian dari anggota yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Karena itulah ketika seorang sastrawan membuat karya sastra, ia akan dipengaruhi oleh kondisi yang sedang berkembang di masyarakat. Dengan kata lain, seorang sastrawan akan menulis karya sastra yang melukiskan kenyataan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Contohnya, seorang sastrawan melihat terjadinya ketidaksesuaian adat istiadat atau gejala sosial lain yang mengganggu pikirannya sehingga ia mencoba membuat suatu pemecahan masalah dengan membuat sebuah novel. Sastrawan itu berharap karyanya dapat membuka pikiran masyarakat. Bukti atas hal itu dapat kita lihat pada novel Siti Nurbaya karya Marah Rusli yang membuka mata masyarakat tentang kawin paksa. Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata juga membuka mata masyarakat tentang problematika kemiskinan yang menjerat masyarakat Belitong, kesenjangan sosial, dan problem pendidikan.

Paparan di atas menunjukkan bahwa sastra dapat memengaruhi masyarakat. Oleh karena itu, sastra harus dipacu untuk mengubah masyarakat dengan menciptakan sastra-sastra yang berkualitas sebagai perwujudan masyarakat yang dinamis.

Karya sastra hendaknya tidak hanya mencerminkan kenyataan yang terjadi dalam masyarakat, tetapi harus turut membangun masyarakat. Dalam arti sastra hendaknya tidak membuka mata orang tentang kekurangan-kekurangan dalam masyarakat, tetapi juga melanjutkan jalan keluar.

Jadi, jelaslah antara sastrawan, sastra, dan masyarakat mempunyai hubungan yang erat karena dalam membuat karya sastra seorang sastrawan dipengaruhi oleh keadaan masyarakat. Begitu pun sebaliknya, keadaan masyarakat bisa berubah dengan adanya sebuah karya sastra yang diciptakan sastrawan.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 SAHABAT HATI. All rights reserved.
Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
Bloggerized by Miss Dothy