RSS

RESENSI BUKU ILMU PENGETAHUAN POPULER


Belajar dari Ben Franklin

Identitas Buku
Judul buku    : Siapakah Ben Franklin?
Penulis          : Dennis Brindell Fradin
Penerjemah  : Ellen Sirait
Penerbit         : PT Grasindo, Jakarta
Cetakan         : April, 2006
Tebal              : v+105 halaman
Bahasa          : Indonesia

Pendahuluan
Ben Franklin atau Benjamin Franklin merupakan salah satu tokoh dari seratus tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah di dunia. Franklin dikenal sebagai salah seorang ”bapak pendiri” (founding father) dari negara Amerika Serikat. Dia dianggap sebagai tokoh yang berperanan penting dalam berdirinya Negara Amerika Serikat karena salah satu perancang dari deklarasi kemerdekaan Amerika dan ikut menandatangani deklarasi tersebut.
Ben Franklin adalah pengarang, politikus, ilmuwan, diplomat, dan penemu yang penemuannya membuka pengertian yang lebih dalam pada bidang kelistrikan. Dia menemukan penangkal petir, kacamata, odometer (pengukur jarak tempuh pada kendaraan), dan peralatan musik. Dia telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya. Dengan kata lain, Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian.
Buku biografi ini mengajak pembaca untuk mengenal lebih dekat sosok Ben Franklin. Dalam buku ini penulis menguraikan perjalanan hidup Ben Franklin, mulai dari kanak-kanak hingga dewasa. Semuanya dibahas tuntas dalam delapan bab. Di awal buku penulis menyebutkan prestasi dan karya yang telah dicapai Franklin, di antaranya sebagai berikut.
1.    Franklin adalah seorang negarawan (pemimpin revolusi Amerika Serikat).
2.    Franklin adalah ilmuwan yang menemukan sifat alami kilat.
3.    Franklin adalah penemu penangkal petir dan kacamata plus-minus.
4.    Franklin adalah pengarang.
5.    Franklin telah melakukan banyak hal dalam hidupnya, yaitu mendirikan rumah sakit pertama AS, memulai perpustakaan AS pertama, dan membantu terbentuknya Layanan Pos Amerikat.
Berikut ini gambaran umum masing-masing bab:
Bab I (menceritakan percobaan penangkal petir)
Bab II (menceritakan Ben ketika masih kecil dan keadaan keluarganya)
Bab III (menceritakan pengalaman Ben ketika magang di percetakan kakaknya)
Bab IV (menceritakan pengalaman Ben dalam membuat percetakan)
Bab V ((menceritakan perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan Ben kepada manusia)
Bab VI (menceritakan keterlibatan Ben dalam revolusi Amerika Serikat)
Bab VII (menceritakan usaha Ben dalam mendirikan Negara Amerika Serikat)
Bab VIII (menceritakan pengalaman hidup Ben pada akhir masa hidupnya)

Isi
Buku yang berisi delapan bab ini tersusun secara terstruktur sehingga memudahkan pembaca untuk memahami perjalanan hidup Ben Franklin. Meskipun termasuk buku terjemahan, bahasa yang digunakan mudah dipahami dan enak dibaca. Dengan tata bahasa yang mengalir dan populer, penulis mampu menjelaskan berbagai hal dengan jelas.
Buku ini berbeda dengan buku biografi lain karena disertai gambar-gambar menarik sehingga bisa membantu imajinasi pembaca. Selain itu, setiap bab buku ini dilengkapi penjelasan lebih rinci tentang hal yang sedang dibahas, misalnya cara membuat lilin, asal mula pembuatan baterai, dan asal mula bandera. Jadi, wawasan pembaca akan bertambah karena pembaca tidak hanya mengetahui riwayat hidup Franklin, tetapi juga mendapat informasi tambahan tentang hal lain.
Sayang sekali buku ini tidak dilengkapi biografi penulis sehingga pembaca tidak bisa mengetahui identitas penulis secara lengkap. Selain itu, penulis juga tidak memaparkan alasan penulisan buku biografi ini. Jadi, pembaca sulit mengetahui latar belakang pembuatan buku ini.

Penutup
Terlepas dari kekurangan yang ada, buku ini layak Anda baca karena isinya sangat menarik dan informatif. Selain itu, dengan membaca buku ini Anda akan termotivasi untuk menjadikan diri Anda sebagai orang yang berguna bagi orang lain, baik masyarakat maupun negara, seperti halnya Ben Franklin yang selama hidupnya telah memberikan sumbangan yang besar bagi orang lain. Marilah kita belajar dari Ben Franklin tentang kegigihan, kerja keras, perjuangan, dan pengorbanan untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara kita sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 SAHABAT HATI. All rights reserved.
Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
Bloggerized by Miss Dothy