RSS

Kiat Menghadapi Ujian


Ujian merupakan suatu kegiatan yang mutlak dilaksanakan di sekolah atau perguruan tinggi. Pelaksanaan ujian bertujuan untuk mengukur penguasaan materi yang telah diberikan dalam jangka waktu tertentu. Ujian termasuk salah satu agenda dari kegiatan guru dan dosen. Kegiatan itu harus dihadapi oleh setiap siswa dan mahasiswa. Itu berarti siapa pun tidak bisa menghindarinya. Secara langsung meminta keringanan untuk tidak ikut serta dalam ujian tidak dibenarkan. Tindakan tersebut tidak bisa diterima karena menyalahi aturan. Namun, kita tidak perlu takut menghadapi ujian. Perasaan takut akan muncul jika kita tidak punya persiapan apa-apa. Kalau kita telah mempersiapkan diri, ujian akan terasa menyenangkan.

Ujian memerlukan persiapan yang matang. Peserta ujian dituntut mempersiapkan diri sedini mungkin agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Jangan berharap memperoleh nilai yang memuaskan dengan hanya bersantai-santai saja. Harus ada usaha yang giat untuk mencapainya. Jika ingin berhasil dalam ujian, kita harus belajar dengan serius dan sungguh-sungguh. Selain itu, harus mempersiapkan segalanya dengan teratur dan terencana. Oleh karena itu, mempersiapkan diri merupakan taktik dalam ujian.

Banyak hal yang perlu kita persiapkan menjelang ujian. Persiapan itu mencakup pertama, persiapan menjelang musim ujian, yang meliputi: (1) persiapan sebulan terakhir menjelang ujian dan (2) seminggu menjelang ujian dimulai. Dalam menjelang musim ujian, terutama sebulan terakhir menjelang ujian, kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan masalah perbaikan-perbaikan untuk mengingat kembali bahan-bahan yang telah dipelajari. Kegiatan yang harus dilakukan antara lain:
  • membaca ulang kembali, baik catatan maupun rangkuman;
  • memperbaiki catatan, menyempurnakan, dan memberi garis bawah atau tanda-tanda lainnya;
  • membuat ikhtisar yang lebih praktis agar mudah diingat; dan
  • menyusun pengetahuan yang lengkap sehingga akhirnya tinggal menghapal. 
 
Persiapan yang perlu dilakukan seminggu menjelang ujian dimulai antara lain:
      • mengatur waktu sebaik-baiknya;
      • membuat rencana belajar yang tepat, efektif, dan efisein;
      • menyelingi belajar dengan berjalan-jalan untuk melihat pemandangan; dan
      • melakukan tidur yang cukup karena apabila kurang tidur, badan akan terasa lelah dan otak kurang mampu berpikir. 

      Kedua, persiapan sebelum hari ujian. Ada tiga persiapan yang perlu kita lakukan sebelum hari ujian, yaitu sebagai berikut.
        • Sehari terakhir sebelum ujian. Pada hari terakhir sebelum ujian, jangan bepergian jauh karena akan melelahkan otot. Selain itu, jangan belajar keras semalam suntuk menjelang ujian. Pagi hari belajarlah sedikit saja, sore harinya menonton televisi atau memutar kaset.
        • Malam terakhir sebelum ujian. Pada malam terakhir menjelang ujian besok pagi kita harus tidur seperti hari-hari biasa. Sebelum tidur, sebaiknya mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk ujian besok.
        • Hari terakhir sebelum ujian. Persiapan yang perlu dilakukan pada hari terakhir (pagi terakhir) adalah mengisi perut dengan makanan dan minuman secukupnya sebelum berangkat; memeriksa kembali alat-alat keperluan ujian yang telah dipersiapkan di malam hari; mengusahakan tiba di tempat ujian setengah jam menjelang ujian; dan menghilangkan sikap gugup. Yakinlah bahwa kita sudah siap menghadapi ujian. 

        Ketiga, persiapan pada waktu ujian. Kita harus yakin pada diri sendiri dapat menyelesaikan setiap soal dengan baik dan benar. Duduk dengan tenang dan jangan berbicara dengan teman yang kebetulan duduk di samping kita. Jika menerima soal-soal ujian, kita harus memperhatikan hal-hal:
          • tulislah nama, nomor pokok, dan tingkat;
          • bacalah beberapa petunjuk sebelum mengerjakan soal-soal ujian;
          • jangan tergesa-gesa menjawab soal, tetapi bacalah dulu tiap-tiap soal dengan teliti;
          • jawaban ditulis dengan jelas dan dapat dibaca oleh guru atau dosen yang bersangkutan;
          • susun kalimat dengan bahasa yang baik;
          • bagilah waktu agar semua soal dapat dikerjakan dengan cara mendahulukan menjawab soal-soal yang mudah; dan
          • setelah keluar ruangan jangan ribut membicarakan soal-soal yang baru saja dikerjakan. 

          Selain mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi ujian, kita juga harus berdoa. Untuk mencapai hal-hal yang diinginkan, kita tidak cukup hanya berusaha atau berikhtiar. Hal itu bukan jaminan dapat mencapai hal yang diinginkan karena yang memberi kepastian hanya Allah swt. Oleh karena itu, kita harus berdoa dan bertawakal, yaitu menyerahkan dan menggantungkan diri kepada Allah swt setelah berusaha maksimal. 

            *disarikan dari buku Rahasia Sukses Belajar (Syaiful Bahri Djamarah)

            0 komentar:

            Posting Komentar

            Copyright 2009 SAHABAT HATI. All rights reserved.
            Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
            Bloggerized by Miss Dothy