RSS

Sinopsis Cerpen “Pertemuan” Karya Kim Tongni


Seorang ayah berusia kira-kira empat puluhan tahun (bernama Sokkyu) melakukan perjalanan jauh dari Hapch’on di Propinsi Kyongsang ke Kwangju di Propinsi Cholla (kedua propinsi ini merupakan nama provinsi yang ada di Korea). Maksud perjalanannya ialah untuk untuk menengok anaknya, Pong Ho, yang menjadi tentara. 

Sudah setengah tahun Sokkyu tidak bertemu dengan Pong Ho, terhitung dari sejak Pong Ho ikut pendaftaran tentara. Awalnya Sokkyu sendiri tidak mendapatkan kabar secuil pun tentang keberadaan anaknya. Sampai kemudian dia diberitahu oleh Pak Yang bahwa anaknya itu kini tinggal bersama pasukan yang terletak di Kwangju. Akhirnya, atas desakan istrinya, Sokkyu memberanikan diri untuk menemui anaknya walaupun dengan terpaksa harus meninggalkan ladangnya. 

Perjalanan dari kampungnya ke Kwangju memakan waktu seminggu dengan menaiki perahu dan bus. Berkat kerja keras dan perjuangannya, Sokkyu pun dapat bertemu dengan anaknya. 

Ketika pertama kali melihat anaknya, dia hampir tidak mempercayai matanya karena wajah anaknya terlihat lebih kurus daripada yang diingatnya. Bahkan, dia sempat menanyakan pada Pong Ho, jangan-jangan Pong Ho diperlakukan dengan keras. Namun, Pong Ho merasa baik-baik saja. Keesokan harinya, Sokkyu mengajak Pong Ho ke pasar. Di sana mereka sempat makan dan berbincang-bincang. Setelah itu mereka berpisah.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 SAHABAT HATI. All rights reserved.
Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
Bloggerized by Miss Dothy