RSS

Menumbuhkan Minat Membaca




Apakah Anda suka membaca? Kalau ya, baguslah. Kalau tidak, tamatlah riwayat Anda :D. 


Membaca memiliki peranan penting dalam kehidupan, seperti kata pepatah, “Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya”. Dengan kata lain, membaca merupakan jendela untuk mengetahui keadaan dunia. Melalui aktivitas membaca, kita akan memperoleh berbagai informasi. Informasi tersebut akan menambah pengetahuan dan memperluas wawasan kita. Selain itu, dengan membaca kita akan mendapatkan ide-ide atau pengertian-pengertian baru sehingga pandangan kita semakin luas.

Di sekolah, ada siswa yang senang membaca dan ada pula yang kurang senang membaca. Rasa senang membaca dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu ia tahu manfaat membaca atau menyadari bahwa buku-buku dan bahan pustaka lain yang baik dapat memperluas pengetahuannya. Sementara, siswa yang kurang senang membaca sering melontarkan rasa malas sebagai alasannya. Tentu saja kondisi tersebut amat memprihatinkan. Apa jadinya negeri ini jika generasi mudanya malas membaca? Maka, harus ada upaya untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat baca para siswa.

Minat memiliki peranan penting untuk memacu semangat membaca. Dengan adanya minat, siswa akan membaca secara sadar atas kemauannya sendiri tanpa paksaan dari orang lain. Minat membaca bukan merupakan pembawaan sejak lahir sehingga minat ini dapat diusahakan, dipelajari, dan dikembangkan.  

Beberapa hal berikut dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat membaca terhadap siswa.

1)    Peranan orang tua
Keluarga merupakan lingkungan yang paling dekat dengan anak. Apabila anggota keluarga, terutama orang tua selalu membiasakan membaca, hal ini dengan sendirinya akan mendorong anak untuk melakukan aktivitas membaca. Hal itu karena anak memiliki kecenderungan untuk meniru atau mencontoh apa pun yang dilakukan orang tua, termasuk kebiasaan membaca.

Kebiasaan membacakan cerita kepada anak juga dapat mendorong anak untuk membaca. Setelah cerita selesai dibacakan, orang tua dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada anak. Pertanyaan yang diberikan harus dapat mendorong anak untuk berpikir logis dan menimbulkan kebiasaan bernalar pada anak. Dampaknya akan terlihat dalam cara menganalisis dan memahami bacaan ketika anak membaca.

Agar dapat menumbuhkan minat membaca pada anak, orang tua harus melakukan beberapa hal berikut.
  • Membelikan dan menyediakan buku-buku bacaan yang disenangi anak.
  • Menyediakan perpustakaan keluarga di rumah.
  • Berlangganan majalah, surat kabar, atau media cetak lainnya yang isinya sesuai dengan perkembangan jiwa anak.
  • Mengajak anak untuk mengunjungi toko-toko buku dan pameran buku.
  
2)   Peranan guru 
Guru dapat memberikan tugas membuat karya ilmiah kepada siswa untuk membiasakan siswa membaca buku. Dengan adanya tugas tersebut diharapkan siswa akan mencari informasi dari berbagai buku sumber dengan cara membacanya. Selain itu, guru dapat melakukan bimbingan membaca dengan cara membawa siswa ke perpustakaan untuk memberikan penjelasan atau penyuluhan mengenai cara menggunakan katalog, cara menggunakan koleksi buku sumber, dan melatih membaca secara terencana. Dengan cara ini diharapkan siswa akan terampil memakai koleksi dan semakin senang berkunjung ke perpustakaan sehingga semakin gemar membaca. 

3)   Peranan perpustakaan sekolah


Perpustakaan sekolah tidak hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka, tetapi juga diharapkan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas. Agar dapat menunjang proses belajar mengajar, pengadaan bahan pustaka hendaknya mempertimbangkan kurikulum sekolah dan selera para siswa sebagai pembaca sehingga dapat menimbulkan kecintaan terhadap pembaca. Melalui kegiatan membaca di perpustakaan, diharapkan siswa mampu mencari, menemukan, menyaring, dan menilai informasi, serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 SAHABAT HATI. All rights reserved.
Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
Bloggerized by Miss Dothy