RSS

Pengaruh Sastra Terhadap Hubungan Sosial Anak


Sastra dan kegiatan yang berkaitan dengan sastra dapat membantu dan menunjang pengembangan hubungan sosial anak. Maksudnya sastra dapat membantu dan menunjang pengembangan hubungan sosial anak di lingkungan keluarga, teman sebaya, lingkungan sekolah, dan dunia orang dewasa dengan cara mendorong anak-anak untuk bertindak lebih sensitif terhadap perasaan orang lain.

Dengan membaca karya sastra, anak-anak juga akan mampu menyadari dan memahami perasaan-perasaan yang beraneka ragam yang dimainkan orang serta mengenali konsep-konsep perbedaan pandangan pada manusia. Bahkan, sastra dapat memberikan sumbangan pemikiran dan wawasan baru dalam menyikapi masalah.

Selain itu, banyak manfaat dan nilai yang dapat diberikan oleh sastra bagi perkembangan anak-anak. Dari segi perkembangannya, ternyata sastra anak-anak dapat menunjang perkembangan bahasa (memberikan penambahan kosakata baru dan logika bahasa atau merangkai kata), kognitif (memberikan pengalaman dan perkembangan daya pikir anak-anak ke arah yang lebih baik), personalitas (mengembangkan kepribadian anak dalam menyikapi kehidupan), dan sosial (menjadikan anak lebih peka dalam memasuki lingkungan yang telah ada atau lingkungan yang baru sehingga anak mampu bersosialisasi dengan baik).  

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 SAHABAT HATI. All rights reserved.
Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
Bloggerized by Miss Dothy