RSS

Apakah Kamu Bahagia?


"Apakah kamu bahagia?" 

Pernahkah kamu mendapat pertanyaan begitu, kawan? Jika belum, sekarang saya akan bertanya. Apakah kamu bahagia, kawan? Tak perlu dijawab buru-buru. Silakan merenung jika kamu perlu waktu untuk menjawabnya (hehe).

Memang, setiap insan yang bernafas akan mendambakan rasa bahagia. Bohong banget kalau ada orang yang tidak ingin hidupnya bahagia atau malah ingin sengsara. Bahkan, siapa pun akan berlomba-lomba melakukan berbagai cara demi mengejar kebahagiaan yang ingin digapainya. Entah itu kebahagiaan untuk dirinya atau kebahagiaan untuk orang-orang yang dikasihinya. Betul? :D

Apa itu bahagia? Bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yg menyusahkan); beruntung (KBBI). 

Jika definisi bahagia dikembalikan kepada manusia, tentu saja setiap orang akan memiliki persepsi yang berbeda dalam memandang kebahagiaan. Dalam kehidupan nyata, ada orang yang merasa bahagia jika mempunyai kendaraan mewah, rumah megah, tanah berhektar-hektar, harta melimpah, uang banyak, perhiasan menumpuk, jabatan mentereng, kedudukan tinggi, atau karier cemerlang. Ada juga yang merasa bahagia jika dirinya menjadi orang terkenal alias populer di tengah masyarakat. Banyak juga yang merasa bahagia jika memiliki keluarga terpandang atau berasal dari keluarga terhormat atau memiliki istri cantik dan anak-anak lucu. Bahkan, ada juga yang merasa bahagia jika bisa memiliki wajah tampan atau cantik dan tubuh indah atau atletis supaya dipuji-puji orang banyak.

Itu persepsi bahagia dari sudut pandang manusia. Tak heran kalau akhirnya kita menyaksikan mereka berjuang sekuat tenaga dan berkorban tenaga, waktu, pikiran, dan dana untuk mewujudkan kebahagiaan itu. Berdasarkan kenyataan, sering juga yang terjadi kemudian adalah mereka tetap belum merasa bahagia meski apa yang mereka idam-idamkan telah diraihnya. Banyak orang yang dikaruniai harta melimpah dan keluarga terpandang, namun hidupnya merana. Tak sedikit yang dianugerahi kepopuleran, ketampanan atau kecantikan, dan kemewahan hidup, namun hidupnya sengsara. Sebaliknya, ada juga yang hidupnya tidak bergelimang harta, namun merasa bahagia.

Loh kenapa begitu? Hal itu karena definisi bahagia yang diciptakan manusia hanyalah kebahagiaan yang bersifat semu alias sementara. Jadi, wajar jika perasaan bahagia itu hanya dapat dirasakan sesaat. Lalu, adakah kebahagiaan sejati dan hakiki? Oh, tentu saja ada. 

Bagi seorang muslim, kebahagiaan hakiki adalah tercapainya ridho Allah. Nah, agar bisa meraih ridho Allah, seorang muslim akan menjalani hidupnya sesuai dengan arahan Allah. Dengan kata lain, ia akan melakukan apa pun yang disukai Allah dan meninggalkan apa pun yang dibenci Allah. Ia akan bahagia jika berhasil melakukan berbagai kebaikan yang diperintahkan-Nya. Ia akan bahagia jika berhasil membuat saudaranya bahagia. Ia akan bersyukur jika dianugerahi nikmat dan akan bersabar jika ditimpa musibah. Kesulitan dan kesengsaraan hidup yang dialami tidak akan membuatnya frustrasi. Meski orang-orang di sekelilingnya memandang negatif, ia tidak akan goyah oleh pandangan tersebut. Yang ia utamakan hanyalah pandangan Allah.

Begitulah definisi kebahagiaan menurut Islam, kawan. Kebahagiaan seperti itulah yang sedang saya coba wujudkan. Yuk kita ubah persepsi kebahagiaan dalam benak kita agar sesuai dengan Islam! Dengan begitu, kita tidak akan terjebak oleh kebahagiaan semu dan hanya fokus mengejar kebahagiaan hakiki.

Ngomong-ngomong, sudahkan kamu menemukan jawaban dari pertanyaan saya di atas? :D. Jika kamu penasaran dengan jawaban saya, inilah jawaban saya:
saya bahagia karena terlahir sebagai muslimah.
saya bahagia karena diberi kesempatan mengenal Islam kafah.
saya bahagia karena diberi kesempatan berada dalam barisan kamu muslimin penerus risalah nabi-Nya.
saya bahagia karena terlahir di tengah keluarga muslim.
saya bahagia karena terlahir sebagai putri ibu saya.
saya bahagia karena terlahir sebagai putri ayah saya.
saya bahagia karena terlahir sebagai kakak dari adik-adik saya.
saya bahagia dengan semua limpahan rahmat dan nikmat-Nya.
saya bahagia dengan apa yang saya miliki sekarang.

Ya Allah... jadikan kebahagiaan ini sebagai jalan mendapat ridho-Mu.
Ya Allah... izinkan aku meraih kebahagiaan hakiki nan sejati.
Amin ya Rabbal alamin.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 SAHABAT HATI. All rights reserved.
Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
Bloggerized by Miss Dothy