RSS

Menangis Karena Allah


Adakah ada seseorang yang tidak pernah menangis semasa hidupnya? Saya yakin tidak ada. Bukankah ketika pertama kalinya dilahirkan ke dunia fana ini kita sudah langsung mengeluarkan tangisan? Bahkan, semua orang akan merasa cemas jika kita tidak menangis.

Menangis termasuk hal alami yang dilakukan manusia. Menangis tak hanya dilakukan oleh anak kecil, orang dewasa pun masih suka menangis. Konon katanya, setelah menangis beban yang kita pikul akan terasa lebih ringan dan masalah akan terasa lebih enteng.

Peristiwa getir, kisah sedih, cerita duka, masalah rumit, beban menghimpit, atau kondisi sulit sering membuat kita menangis. Musibah yang bertubi-tubi tak pelak membuat air mata kita bercucuran tanpa henti. Pernahkan kita menangis bukan karena sedang menghadapi masalah berat, tapi karena takut kepada Allah? Pernahkan air mata kita bercucuran saat sedang mengingat Allah? Tampaknya kita perlu merenungkan pertanyaan tersebut. Marilah memuhasabahi diri sendiri.

Ada tujuh golongan yang Allah akan menaunginya pada saat tidak ada naungan kecuali naungan-Nya…. Orang yang mengingat Allah ketika sendirian sehingga bercucuran air matanya.” (Mutafaq ‘alaih).

Barangsiapa mengingat Allah kemudian keluar air matanya karena takut kepada Allah hingga bercucuran jatuh ke tanah, maka tidak akan disiksa di hari kiamat kelak.” (HR al-Hakim dalam kitab shahih-nya, disetujui oleh adz-Dzahabi).

Neraka diharamkan atas mata yang mengeluarkan air mata karena takut kepada Allah. Neraka diharamkan atas mata yang tidak tidur di jalan Allah. Abu Raihanah berkata: aku lupa yang ketiganya. Tapi setelahnya aku mendengar beliau bersabda, ‘Neraka diharamkan atas mata yang berpaling dari segala yang diharamkan Allah’. ”(HR Ahmad, al-Hakim dalam kitab shahih-nya, disetujui oleh adz-Dzahabi dan an-Nasai).

Kebahagiaan bagi orang yang bisa menguasai dirinya, dilapangkan rumahnya, dan dibuat menangis oleh kesalahannya.” (HR ath-Thabrani dengan sanad hasan).

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 SAHABAT HATI. All rights reserved.
Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
Bloggerized by Miss Dothy