RSS

Asyiknya Mengawas Try Out


Tahun ajaran ini aku kembali mengawas TO akbar yang digelar BP. Lagi dan lagi. Ya, selama terjun di BP, aku selalu terlibat menjadi pengawas. Entahlah, aku selalu kena sasaran ditawari. Gawatnya, aku tak tega menolak tawaran itu (hehe). Apa tampangku kelihatan penurut? (haha)

TO akbar termasuk salah satu hajatan rutin BP tiap tahun. Visi utamanya tentu untuk menjual BP ke masyarakat. Sederhananya, sebagai ajang promosi lah biar BP lebih dikenal oleh masyarakat (khususon siswa-siswa dan orang tua siswa). Lepas dari itu, TO juga bisa dijadikan ajang unjuk kemampuan oleh para siswa sebelum mereka menghadapi ujian sesungguhnya. Maka, tak heran peserta yang mengikuti TO tersebut selalu membludak. Alhamdulillah memang. 

Keterlibatanku dalam TO tentu bukan sekadar iseng atau cuma mengisi waktu luang. Sebenarnya lebih enak istirahat di rumah daripada mesti lembur di hari libur. Mana harus berangkat pagi-pagi pula. Tapi, aku punya alasan sendiri yang menggiringku untuk mengiyakan tawaran mengawas. 

Sebagai guru (layak nggak ya aku menyandang predikat ini? perasaan berat banget :D), aku ingin mendampingi para siswa dalam uji kemampuan ini. Paling tidak, aku berharap kehadiranku bisa memberi motivasi moral pada mereka (halah, sok orang penting, haha..). Di sisi lain, karena TO BP diadakan di sekolah-sekolah, aku jadi tak ragu-ragu untuk menerima tawaran mengawas. Aku suka berada di lingkungan sekolah. Paling tidak, mengawas TO sedikit mengobati kerinduanku terhadap sekolah. Sungguh, aku kangen mengajar di sekolah. Sangat rindu malah (hehe).

Sekolah adalah tempat kelima yang kusukai setelah masjid, rumahku, gunung, dan pantai. Berada di sekolah mengingatkanku akan jati diri. Makin memantapkanku mencintai profesi yang kugeluti. Menatap ruang-ruang kelas yang berjajar dan bertingkat, bangku-bangku yang berbaris rapi, ruang guru yang penuh meja, ruang perpustakaan yang penuh buku, atau halaman sekolah yang indah, amat menyenangkan. Seolah-olah ada spirit baru yang meresap ke dalam hati. 

Terbayang dalam pelupuk mataku para siswa antusias belajar di kelas, kemudian saat istirahat ramai-ramai berkunjung ke perpustakaan. Tergambar dalam benakku para guru berkumpul di ruang guru sambil mendiskusikan siswa yang diajarnya dan materi yang akan diajarkannya. Terbayang pula para siswa berlari-lari di halaman sekolah atau sekadar bergerombol di depan kelas saat pelajaran belum dimulai. Sungguh, bayangan yang mengharu biru.

Baiklah, sekarang kita kembali ke masalah TO saja. Maaf tadi agak melantur (hehe). TO akbar yang digelar BP ditujukan untuk semua tingkat, mulai dari SD sampai SMA. Hanya khusus tahun ini, TO SMA urung dilaksanakan. Entah apa alasan jelasnya. Masalah teknis mungkin. Pelaksanaan TO berurutan, selang dua pekan dari TO tingkat SMP ke TO tingkat SD. TO berlangsung dari pukul 08.00 s.d. 11.30. Pelajaran yang diujikan dalam TO sesuai dengan mata pelajaran yang di-UN-kan. Sejauh jangkauan penglihatanku, TO BP mendulang sukses dari tahun ke tahun.

Stop! Jangan bayangkan mengawas itu membosankan (hehe). Memang waktu 3,5 jam yang mesti dilalui lumayan panjang dan lama. Tapi, Ada banyak hal yang bisa dilakukan ketimbang cuma duduk-duduk manis mengawasi para siswa mengerjakan soal. Duduk doang sih dijamin bakalan terserang bosan akut (hehe). Makanya, aku selalu menerapkan trik-trik pengusir bosan, seperti sms-an dengan teman yang juga sedang mengawas. Nih dia cuplikan sms-nya (smsku dan Giyanti). Harap maklum sodara-sodara... karena kami berdua terobsesi menjadi wartawan dan presenter, jadi sms-nya begini (haha).

Gie --> INFO: hening. semilir angin hembuskan udara dingin bau tanah diguyur hujan gerimis tadi pagi. View dari ruang 12 SMANSA sajikan sisi gereja yang megah. Demikian sekilas info dari Bogor. Ganti!


Ai --> Info diterima. Dengan ini saya laporkan keadaan ruang 1 lantai 1 SMANSA aman dan terkendali. Semua peserta hanyut dengan pikirannya masing-masing, sementara tangan-tangan mungil mereka bergerak-gerak lincah di atas lembar soal. Demikian info dari saya. Nantikan liputan berikutnya!

Tak lupa aku selalu menyiapkan buku dari rumah. Bosan sms-an, aku bisa membaca. Kalau bosan membaca, bisa beralih ke HP untuk listening (music) dan fesbukan. Bosan nulis status atau komen-komenan di fesbuk, aku bisa jalan-jalan di lorong-lorong meja siswa sambil memeriksa pekerjaan mereka. Lelah berjalan-jalan, aku bisa menjalankan hobiku, yaitu memanfaatkan kamera HP (hehehe). Nih dia hasil jepret-jepretnya.

siswa-siswa serius duarius mengerjakan soal (kekekek)


 lucu-lucu deh ekspresi dan gaya mereka ^_^


 
ini tampang serius mereka dari depan, ckckck.. merhatiin apa sih, De? hehe

Akhirnya, waktu 3,5 jam tak terasa lama. Jarum jam merambat pasti, dari angka 08.00 menuju angka 11.30. Maka, berakhirlah TO. Para siswa bubar, pulang ke habitatnya masing-masing (hehe).

Demikian liputan TO akbar dariku. Sampai jumpa di TO akbar tahun depan (kalau ada umur panjang dan aku ditawari lagi mengawas ya... hehe).

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 SAHABAT HATI. All rights reserved.
Sponsored by: Website Templates | Premium Wordpress Themes | consumer products. Distributed by: blogger template.
Bloggerized by Miss Dothy